Gejala Jantung Bengkak Parah

Jantung bengkak jarang menimbulkan gejala, namun jika sudah parah barulah gejala jantung bengkak muncul, apa saja gejala yang umumnya terjadi ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak.

Gejala Jantung Bengkak

Gejala Jantung Bengkak Parah Yang Mesti Diwaspadai

Jantung bengkak atau dalam istilah medis disebut dengan kardiomegali adalah kondisi dimana jantung mengalami perubahan ukuran yakni melebihi ukuran jantung normal.

Kondisi tersebut sebenarnya bukanlah penyakit melainkan dampak atau komplikasi oleh penyakit tertentu yang mengakibatkan terjadinya kerusakan otot jantung sehingga jantung mengalami pembesarakan karena membengkak.

Jantung bengkak bisa bersifat sementara dan permanen tergandung dari kondisi yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Jantung Bengkak

Ada beberapa faktor tepatnya kondisi medis yang bisa menyebabkan jantung membengkak, dan berikut adalah beberapa penyakit tersebut, yakni :

  1. Darah tinggi
  2. Gangguan katup jantung
  3. Gangguan otot jantung
  4. Penumpukan cairan di paru paru
  5. Anemia
  6. Gangguan tiroid
  7. Hemokromatis ( kelebihan zat besi )
  8. Amiloidosis ( kelebihan protein )
  9. Penyakit jantung koroner
  10. Penyakit jantung bawaan
  11. HIV
  12. Penyakit ginjal

Ketika jantung sudah mengalami pembengkakan maka otomatis kinerja dan fungsi jantung akan terganggu dimana jantung tidak dapat memopa darah dengan maksimal dan jantung bisa bekerja lebih berat dari biasanya.

Jika kondisi tersebut terjadi secara terus menerus maka akan menyebabkan jantung mengalami kerusakan sehingga terjadilah gagal jantung.

Hal tersebutlah yang menjadi dampak terburuk dari jantung bengkak sehingga perlu dilakukan penanganan dan pengobatan yang serius ketika anda atau orang terdekat anda mulai merasakan gejalanya.

Gejala Jantung Bengkak

Diawal terjadinya pembengkakan, gangguan jantung bengkak jarang menimbulkan gejala.

Gejala baru muncul atau dirasakan ketika gangguan jantung bengkak sudah cukup parah yakni berupa :

  1. Sesak napas yang semakin memburuk (terutama saat beraktivitas atau ketika berbaring datar).
  2. Aritmia atau gangguan irama jantung.
  3. Tungkai dan kaki membengkak.
  4. Berat badan bertambah karena pembengkakan.
  5. Kelelahan.
  6. Terkadang terjadi nyeri dada.
  7. Palpitasi atau jantung berdebar-debar.

Dianjurkan segera temui dokter dan lakukan pengobatan yang serius ketika beberapa gejala atau keluhan diatas mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda.

Dengan begitu, maka hal terburuk yang mungkin saja terjadi akibat komplikasi jantung bengkak bisa dihindari dan diminimalisir, mengingat komplikasi jantung bengkak bisa berakibat fatal.

Komplikasi Jantung Bengkak

Berikut ini adalah beberapa komplikasi jantung bengkak yang bisa terjadi ketika tidak diatasi dengan tepat dan serius, yakni :

  • Gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian
  • Pembekuan darah yang dapat memicu serangan jantung dan stroke
  • Jantung murmur akibat kerusakan katup jantung
  • Kematian mendadak

Apakah Gangguan Jantung Bengkak Bisa Disembuhkan ?

Pertanyaan yang mungkin sering muncul ketika seseorang terdiaknosis mengalami gangguan jantung bengkak yaitu apakah jantung bengkak bisa disembuhkan ?

Pada sebagian kasus gangguan jantung bengkak bisa diatasi dan kembali normal. Namun ada juga yang tidak dapat dikembalikan seperti sedia kala melainkan ukurannya hanya sedikit lebih kecil.

Seperti Apa Pengobatan Jantung Bengkak ?

Setelah dokter melakukan berbagai pemeriksaan dan didapatkan penyebab dari gangguan jantung bengkak maka barulah dokter akan mengambil tindakan pengobatan.

Sebagai contoh jika penyebab membengkaknya jantung karena darah tinggi maka dokter akan berusaha untuk mengendalikan tekanan darah tinggi mengingat darah tinggi tidak bisa diobati.

Sementara itu jika sebab jantung bengkak karena terganggunya otot jantung atau adanya kelainan pada jantung maka dokter akan memberikan obat-obatan seperti : Diuretik, Antikoagulan, Antiaritmia dan Beta bloker.

Jika jantung bengkak sudah parah dan tindakan pengobatan dengan memberikan obat-obatan tidak membuahkan hasil, maka beberapa tindakan lain akan dilakukan yakni berupa : Operasi katup jantung, Operasi bypass hingga Transplantasi jantung.

Selanjutnya hal yang tak kalah penting dalam proses pengobatan dan penyembuhkan jantung bengkak adalah melakukan penerapan gaya hidup sehat. Mengingat pengobatan secara medis akan menjadi percuma jika tidak diikuti dengan gaya hidup sehat.

Tidak sulit kok, ada hanya perlu lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Seperti menghindari makanan berlemak dan memperbanyak asupan serat.

Pastikan anda juga melakuka olahraga secara teratur 30 menit sehari, seperti joging, jalan santai atau bersepeda.

Dan bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi maka hindari makanan yang mengandung garam serta makanan kemasan yang mengandung natrium.

Dan terakhir jika perlu anda mengkonsumsi tanaman obat jantung bengkak guna membantu proses penyembuhan secara alami yang mana cara ini jauh lebih aman.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala jantung bengkak ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan artikel gejala jantung bengkak ini jika anda rasa bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *