Ciri Ciri Stroke Pada Usia Muda

Saat ini stroke juga bisa terjadi di usia muda, dan berikut ini adalah ciri ciri stroke pada usia muda yang mesti dikenaldi dan diwaspadai.

Ciri Ciri Stroke Pada Usia Muda

Ciri Ciri Stroke Pada Usia Muda

Ditahun 2013 Kementrian Kesehatan RI mencatat ada lebih dari 2 juta penduduk atau 12 dari 1000 penduduk indonesia terkena penyakit stroke dengan jumlah terbesar ada di provinsi sulawesi selatan.

Selain itu stroke juga merupakan pembunuh nomer 1 di indonesia, dimana lebih dari 15% kematian di indonesia disebabkan oleh stroke.

Stroke adalah kondisi dimana terganggunya pasokan darah ke otak akibat pembuluh darah tersumbat ( stroke iskemik ) atau pecahnya pembuluh darah ( stroke hemoragik ).

Ketika pasokan darah terganggu maka otomatis otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi akibatnya sel-sel pada sebagian otak akan mati. Jika kondisi tersebut terjadi maka bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang mengalami kerusakan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Stroke termasuk kedalam penyakit yang mesti secepatnya ditangani karena jika tidak ditangai dengan segera kerusakan pada otak akan semakin meluas dan menimbulkan berbagai komplikasi karena hanya dengan hitungan menit sel-sel otak dapat mati jika tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi.

Oleh karena itu semakin cepat penderita ditangani maka semakin besar pula peluang untuk bisa sembuh dari penyakit ini. Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui dan memahami tentang penyakit stroke dan hal-hal apa saja yang mesti dilakukan ketika stroke menyerang.

Salah satu hal penting yang wajib diketahui tentang penyakit stroke adalah faktor penyebab stroke dan gejala stroke.

Faktor Pemicu Stroke

Ada beberapa faktor yang mesti diketahui agar kita terhindari dari penyakit stroke. Faktor-faktor tersebut meliputi :

1.) Faktor Kesehatan, yang meliputi :

  • Hipertensi.
  • Diabetes.
  • Kolesterol tinggi.
  • Obesitas.
  • Penyakit jantung, seperti gagal jantung, penyakit jantung bawaan, infeksi jantung, atau aritmia.
  • Sleep apnea.
  • Pernah menderita stroke ringan

2.) Faktor gaya hidup, yang meliputi :

  • Merokok.
  • Kurang olahraga atau aktivitas fisik.
  • Konsumsi obat-obatan terlarang.
  • Kecanduan alkohol.

3.) Faktor lain, yang meliputi :

  • Faktor keturunan. Jika anggota keluarga pernah mengalami stroke, maka risiko terkena stroke juga semakin tinggi.
  • Usia. Dengan bertambahnya usia, seseorang memiliki risiko stroke lebih tinggi dibandingkan orang yang lebih muda.

Faktor gaya hidup menjadi salah satu hal yang menyebabkan mengapa stroke saat ini bisa menyerang usia muda. Utamanya dalam hal makanan, dimana saat ini marak makanan yang serba instan dan berbahan pengawet yang justru dapat merusak kesehatan kita. 

Sehingga tidaklah heran jika saat ini banyak orang berusia muda menderita penyakit yang umumnya dulu dialami oleh orang yang telah berusia lanjut usia seperti stroke, diabetes dan asam urat.

Tapi anehnya faktor gaya hidup yang tak sehat sering diabaikan oleh anak mudah jaman sekarang, mereka acuh dan lebih asyik menikmati gaya hidup tersebut padahal sangat berbahaya.

Jika stroke sudah menyerang barulah sadar bahwa pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Penyakit stroke ini bukanlah penyakit yang sepele karena apabila stroke sudah menyerang tubuh maka membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh dan kembali normal lagi.

Ciri Ciri Stroke Pada Usia Muda

Ciri ciri stroke pada usia muda tidaklah jauh berbeda dengan stroke pada umumnya. Berikut ini adalah ciri ciri stroke pada usia muda yang mesti diwaspadai, yakni :

  1. Bagian wajah menurun.
  2. Perubahan emosi.
  3. Sulit memahami pembicaraan orang lain.
  4. Pusing mendadak.
  5. Kebingungan.
  6. Kaki lemah.
  7. Kehilangan koordinasi.
  8. Kehilangan kemampuan komunikasi.
  9. Mati rasa.
  10. Lengan atau kaki terasa lemah.
  11. Gangguan penglihatan.
  12. Nyeri leher.
  13. Ditemukan bercak darah di mata.
  14. Nyeri dada kiri dan kanan.
  15. Jantung berdebar-debar.

Jika saat ini anda mengalami atau mulai merasakan beberapa ciri ciri stroke diatas maka sebaiknya segera menemui dokter guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat serta mendapatkan penjelasan yang logis akan penyebab dari gejala yang anda rasakan.

Dengan begitu maka penderita bisa tehindari dari efek buruk atau bahaya stroke mulai dari cacat permanen ( kelumpuhan ) hingga kematian.

Selain melakukan pengobatan secara medis penderita stroke juga bisa melakukan pengobatan secara alami, dimana cara ini jauh lebih aman karena tidak akan menimbulkan efek samping.

Bahkan saat ini pengobatan secara alami dengan cara mengkonsumsi obat herbal banyak dipilih dan dilakukan untuk menyembuhkan penyakit stroke.

Nah, salah satu obat tradisional stroke yang bisa anda konsumsi adalah Walatra Gamat Emas kapsul yakni obat stroke alami yang terbuat dari ekstrak gamat emas asli.

Yang tak kalah penting adalah mulai menerapkan gaya hidup sehat karena hanya itu kunci terbaik yang bisa kita lakukan untuk bisa tehindari dari penyakit stroke.

Daftar Pustaka :
Diakses tanggal 5 oktober 2018, https://www.alodokter.com/stroke
Diakses tanggal 5 oktober 2018, http://www.strokeringan.niherbal.com/gejala-pertama-penyakit-stroke/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *